DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH RASIO PROFITABILITAS, BEBAN KLAIM, PERTUMBUHAN PREMI, DAN LIKUIDITAS TERHADAP SOLVABILITAS PERUSAHAAN ASURANSI YANG TERDAFTAR DI OTORITAS JASA KEUANGAN PERIODE 2020-2023
PENGARANG:RIDUAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-29


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena-fenomena ketidakkonsistenan perusahaan asuransi dalam mempertahankan rasio solvabilitas minimum sebesar 120%. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel independen yakni profitabilitas, beban klaim, pertumbuhan premi, dan likuiditas terhadap variabel dependen yakni solvabilitas pada perusahaan asuransi.

Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausalitas yaitu sebab akibat dari pengaruh variabel independen kepada dependen. Unit analisis pada penelitian ini adalah laporan keuangan dari setiap perusahaan asuransi. Teknik pengumpulan data yakni dengan data sekunder berupa dokumentasi laporan-laporan keuangan perusahaan asuransi yang bersumber pada laman resmi perusahaan. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 26 For Windows. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 51 perusahaan asuransi dengan total pengamatan 4 tahun sehingga diperoleh 204 sampel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, beban klaim, dan pertumbuhan premi berpengaruh terhadap solvabilitas dengan arah negatif. Variabel likuiditas berpengaruh terhadap solvabilitas dengan arah positif.

Kata kunci:    Asuransi, Profitabilitas, Beban Klaim, Pertumbuhan Premi, Likuiditas, Solvabilitas, Laporan Keuangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI