DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN TERHADAP KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI KECAMATAN LANDASAN ULIN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD SIGIT PANGESTU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-30


INTISARI

“Tingkat Peran Serta Masyarakat Dalam Pencegahan Terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan di Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru”

Oleh: Muhammad Sigit Pangestu (2010115210024)

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Kota Banjarmasin

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat peran serta masyarakat dalam pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Landasan Ulin. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik Proportional Random Sampling, dengan menyebarkan kuesioner kepada 186 Kepala Keluarga (KK) atau yang dirasa mampu memberikan informasi terkait isi pertanyaan. Hasil penelitian dari analisis deskriptif pada tingkat peran serta masyarakat dalam pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Landasan Ulin pada 186 jawaban responden. Memiliki nilai rata-rata setiap sub variabel yaitu sekat bakar dengan nilai 2.172, membersihkan bahan (pemicu kebakaran) di permukaan tegakan/lahan dengan nilai 2.365, melakukan pembakaran terkontrol dengan nilai 1.682, dan memperhatikan waktu pembakaran dengan nilai 1.526. kesuluruhan sub variabel termasuk dalam kategori “Cukup”. Masyarakat di Kecamatan Landasan Ulin harus memahami upaya-upaya apa saja untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan pada masa yang akan datang, dengan harapan kebakaran hutan dan lahan dapat di minimalisir.

Kata Kunci: Karhutla, Peran Serta, Pencegahan.

 

ABSTRACT

"Level of Community Participation in Forest and Land Fire Prevention in Landasan Ulin District, Banjarbaru City"

By. Muhammad Sigit Pangestu (2010115210024)

Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education

Lambung Mangkurat University

Banjarmasin

 

This study aims to analyze the level of community participation in preventing forest and land fires in Landasan Ulin District. This study uses a quantitative descriptive method. The data collection technique in this study uses the Proportional Random Sampling Technique, by distributing questionnaires to 186 Heads of Families (KK) or those who are considered capable of providing information related to the contents of the questions. The results of the study from the descriptive analysis of the level of community participation in preventing forest and land fires in Landasan Ulin District in 186 respondent answers. Has an average value of each sub-variable, namely fire breaks with a value of 2,172, cleaning materials (fire triggers) on the surface of the stand/land with a value of 2,365, conducting controlled burning with a value of 1,682, and paying attention to burning time with a value of 1,526. all sub-variables are included in the "Enough" category. The community in Landasan Ulin District must understand what efforts are needed to prevent forest and land fires in the future, with the hope that forest and land fires can be minimized.

 

Keywords: Forest Fire, Participation, Prevention

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI