DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perjuangan Tumenggung Antaludin Dan Singakarsa Dalam Perang Benteng Madang Tahun 1860
PENGARANG:DWI ARIFAH WIJI ASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-07


Dwi Arifah Wiji Astuti, 2018, “Perjuangan Temenggung Antaludin dan Singakarsa Dalam Perang Benteng Madang Tahun 1860”. Pembimbing I Drs. Hairiyadi. S.Pd., M.Hum, dan Pembimbing II Drs.Yusliani Noor, M.Pd. 

Temenggung Antaludin adalah tokoh pejuang perlawanan terhadap Belanda yang ditunjuk oleh Pangeran antasari dan Demang Lehman untuk memimpin pasukan di Kandangan untuk melawan para penjajah Belanda. Singakarsa adalah tokoh pejuang perlawanan terhadap Belanda yang membantu Temenggung Antaludin untuk melawan penjajah Belanda. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perjuangan Temenggung Antaludin dan Singakarsa dalam Perang Benteng Madang pada tahun 1860.

Tujuan penelitian untuk mengangkat tokoh pejuang perlawanan terhadap Belanda yang sudah membela tanah Amandit dari penjajah Belanda. Serta  memberikan masukan bagi para pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang mencintai sejarah lokal dari daerah sendiri, dan menjadikan sejarah perjuangan Kalimantan Selatan sebagai motivasi untuk membangun dan memberikan perubahan yang besar bagi Republik Indonesia.

Metode yang dipakai ialah metode penelitian sejarah dengan tahapan heuristik, kritik, interprestasi dan histoiografi. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber primer dan sekunder. Cara dalam memperoleh data melalui wawancara dan tinjauan pustaka. Wawancara dilakukan dengan beberapa orang yang ahli didalam bidangnya dan masyarakat yang bermukim di daerah tersebut serta memenuhi syarat sebagai informan. Dari hasil wawancara di proleh data-data dan gambaran mengenai perjuangan Singakarsa dan Temenggung Antaludin dalam perang Banjar dan Perang Benteng Madang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjuangan Temenggung Antaludin dan Singakarsa dalam perang Benteng Madang pada tahun 1860 awalnya berhasil untuk melawan serdadu Belanda dengan bantuan dari para pejuang kita dan masyarakat yang bermukim didaerah Madang walaupun akhirnya Benteng Madang ini roboh dan dapat dikuasai oleh Belanda.

Kesimpulan penelitian, Perang Benteng Madang adalah bagian dari Perang Banjar. Perang Benteng Madang yang dipimpin oleh Temenggung Antaludin berhasil mengelabui para serdadu Belanda dengan strategi yang bagus untuk bisa menjatuhkan para serdadu Belanda. Perjuangan ini dibantu oleh Singaksarsa khususnya membantu pertahanan Temenggung Antaludin di Kandangan ia di tugaskan menjaga didaerah Taniran.

Kata kunci : Temenggung Antaludin, Singakarsa , Perang , Kandangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI