DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Script Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMAN 1 Beruntung Baru Kabupaten Banjar
PENGARANG:Mutiatuz Zahra
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-07


ABSTRAK

Mutiatuz Zahra, (A1A114036), 2019. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Script Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMAN 1 Beruntung Baru Kabupaten Banjar, (Pembimbing 1 : Dr. Herry Porda Nugroho Putro, dan Pembimbing 2 Heri Susanto, M.Pd)

Proses pembelajaran yang monoton dengan ceramah menyebabkan siswa kurang aktif dan bosan dalam pembelajaran, hal itu menyebabkan siswa kurang berpikir kritis. Penelitian bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan Cooperative Script dan tanpa diajar dengan Cooperative Script, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Script terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMAN 1 Beruntung Baru

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain true eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMAN 1 Beruntung Baru yaitu sebanyak 3 kelas, adapun sampel penelitiannya sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen, kelas dipilih secara acak dari populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk essay.  Analisis data dilakukan dengan uji t melalui program SPSS versi 22 yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-test

Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian, diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 48,3000 > 30.4000 sehingga terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan diperoleh nilai signifikan  (2-tailed) adalah 0,000. Karena nilai signifikannya < 0,05  dan nilai thitung  > ttabel (4,610 > 1,685). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Coopeartive Script terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI IPS SMAN 1 Beruntung Baru

Kata Kunci : Model Cooperative Script, Berpikir Kritis, Pembelajaran Sejarah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI