DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENGUATAN NILAI BUDI PEKERTI LUHUR PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE KOMISARIAT UNIVERSIRTAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:FALDHY MIRPANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-09-02


Faldhy Mirpani. 2024. Strategi Penguatan Nilai Budi Pekerti Luhur Pada UnitKegiatan Mahasiswa Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat Universirtas Lambung Mangkurat.Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Wahyu.

Kata Kunci: Strategi dan Nilai Budi Pekerti Luhur

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah strategi penguatan nilai budi pekerti luhur pada anggotabelum menuai hasil yang cukup baik, anggota tidak memilikikesadaran sikap berperilaku dengan etika yang baik serta rendahnya jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis strategi penguatan nilai budi pekerti luhur di Unit Kegiatan Mahasiswa Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat Universitas Lambung Mangkurat. 

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan 

Hasil penelitian yang didapat pada Strategi Penguatan Nilai Budi Pekerti Luhur Unit Kegiatan Mahasiswa Persaudaraan Setia Hati Terate Komisariat Universirtas Lambung Mangkurat: (1) Mengelola training kader anggota agar pengurus mendapat pembekalan materi ajar seperti mengembangkan pikiran baik, sikap, perkataan, perasaan dan perbuatan. Sebagai penguatan nilai perilaku terpuji. (2) Mengelola training kader anggota agar menghasilkan pengurus memiliki kemampuan kepemimpinan dalam hal indetifikasi masalah, kemampuan melaksanakan program kerja dan kegiatan, serta monitoring dan evaluasi program kerja hal yang menjadi kebutuhan unit kegiatan mahasiswa. (3) Mengelola training kader anggota agar menanamkan penguatan nilai dapat dipercaya, dan berkomitmen. Dengan demikian nilai tanggung jawab terbangun dalam menjalankan tugas program kerja unit kegiatan mahasiswa.

Saran penguatan perilaku terpuji nilai budi pekerti luhur melalui pedoman pengajaran, kepemimpinan yang menjadi teladan, dan budaya tanggung jawab yang dibangun, sehingga terwujud generasi yang berkarakter nilai budi pekerti luhur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI