DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (SAK EMKM) PADA KETEMU STUDIO BANJARMASIN
PENGARANG:MUTHIAH MAHARANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-09-02


MUTHIAH MAHARANI. 2024. Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM)  pada Ketemu Studio Banjarmasin. Tugas Akhir. Program Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat. PembimbingLili Safrida, SE, M.Si, Ak, CA.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) di Ketemu Studio, sebuah usaha mikro di bidang fotografi yang berlokasi di Banjarmasin. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya UMKM di Indonesia, termasuk Ketemu Studio yang belum menerapkan SAK EMKM dalam penyusunan laporan keuangan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari catatan penjualan, pembelian, dan laporan pengeluaran biaya lainnya pada Ketemu Studio Banjarmasin. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara terstruktur dengan pemilik usaha dan dokumentasi dari berbagai dokumen keuangan yang relevan. Analisis data dilakukan secara deskriptif berdasarkan siklus akuntansi untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang kinerja keuangan dan operasional Ketemu Studio Banjarmasin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketemu Studio Banjarmasin belum menyusun laporan keuangannya sesuai dengan SAK EMKM. Pencatatan yang dilakukan hanya mencakup pemasukan, pengeluaran, dan biaya operasional tanpa menyajikan laporan keuangan secara rinci. Selain itu, terdapat perbedaan dalam perhitungan laba, di mana total laba periode Januari – Maret 2024 sebesar Rp133.355.965 ternyata setelah penyesuaian jurnal menunjukkan laba sebenarnya sebesar Rp118.860.146, dengan selisih sebesar Rp14.495.819. Temuan ini menegaskan perlunya penerapan SAK EMKM untuk meningkatkan kualitas dan transparansi laporan keuangan.

 

Kata kunci : Laporan Keuangan, UMKM, SAK EMKM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI