DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI KAIN SASIRANGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA KANTAN SASIRANGAN BANJARMASIN
PENGARANG:CICI JUMIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-09-02


Cici Jumiati (2024). Penentuan Harga Pokok Produksi Kain Sasirangan Menggunakan Metode Full Costing Pada Kantan Sasirangan Banjarmasin. Pembimbing  Sarwani.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi yang masih menggunakan metode sederhana pada usaha Kantan Sasirangan Banjarmasin. Dalam penelitian ini, metode full costing digunakan untuk menentukan harga pokok produksi dan membandingkan dengan metode perusahaan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa harga pokok produksi mencakup biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik, sehingga total biaya produksi untuk 300 potong kain sasirangan katun satin sebesar Rp.32.700.000 atau Rp.109.000 per potong kain. Sedangkan harga pokok produksi menggunakan metode full costing sebesar Rp.34.180.000 atau Rp.113.933 per potong kain. Maka selisih harga pokok produksi dari kedua metode tersebut sebesar Rp.4.933 per potong kain. Hal ini disebabkan karena perusahaan hanya memasukkan beberapa biaya overhead, Sedangkan metode full costing memasukkan semua biaya yang terkait dengan proses produksi.

Kata Kunci: Harga Pokok Produksi, Metode full costing, Kantan Sasirangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI