DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL BIDANG BIMBINGAN PRIBADI BERBASIS NILAI WASAKA¬ SUKU BANJAR UNTUK OPTIMALISASI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
PENGARANG:Muhammad Ramadani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-07


ABSTRAK

Muhammad Ramadani. 2019. Pengembangan Modul Bidang Bimbingan Pribadi berbasis Nilai Wasaka Suku Banjar untuk Optimalisasi Pelayanan Bimbingan dan Konseling pada SMA Negeri 12 Banjarmasin.

Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd(II) Akhmad Sugiyanto, M.Pd

Kata Kunci: Modul, Layanan Bimbingan dan Konseling, Nilai Wasaka

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul layanan bimbingan dan konseling yang bermanfaat untuk dijadikan pedoman atau panduan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling untuk peserta didik SMA Negeri Kota Banjarmasin, sehingga layanan menjadi terarah dan mendapatkan hasil yang optimal.

Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-method dan jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Karena keterbatasan peneliti, maka sampel dari penelitian adalah peserta didik kelas X MIA-1 di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas dipilih berdasarkan pertimbangan dan saran dari guru bimbingan dan konseling di sekolah. Pengembangan modul layanan BK ini diuji coba pada kelas X MIA-1 yang berjumlah 35 peserta didik.

Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan peneliti, pengembangan modul layanan bimbingan dan konseling bidang karier berbasis nilai wasaka suku banjar di SMAN 12 Banjarmasin mendapatkan hasil post test dengan uji t berpasangan (paired sample-t test) untuk kedua aspek kompetensi bimbingan dan konseling bidang karier mengalami peningkatan, yaitu  aspek landasan hidup religius mendapatkan nilai post test 13,63, aspek landasan perilaku etis mendapatkan nilai post test 13,20, aspek kematangan emosi mendapatkan nilai post test 13,23, aspek kematangan emosi mendapatkan nilai post test 12,80, dan aspek kesipan diri untuk menikah dan berkeluarga mendapatkan nilai post test 14,00. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan modul layanan bimbingan dan konseling bidang karier berbasis nilai wasaka suku banjar di SMAN 12 Banjarmasin mendapatkan hasil yang optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI