DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT PENGHIDUPAN MASYARAKATDI LAHAN GAMBUT DESA JEJANGKIT TIMUR KECAMATAN JEJANGKIT KABUPATEN BARITO KUALA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SYARIFUDDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


Syarifuddin, 2018. Tingkat Penghidupan Masyarakat di Lahan Gambut Desa Jejangkit Timur Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Tesis pada Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (1) Dr. Deasy Arisanty, M.Sc., Pembimbing (2), Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd.

Kata Kunci: Lahan gambut, Penghidupan, Aset, Aktivitas

Desa Jejangkit Timur merupakan desa yang terdapat di Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala, keunikan penghidupan masyarakatnya dilahan gambut menjadi daya  tarik tersendiri untuk dikaji. Lahan gambut adalah lahan yang tidak mudah dikelola  dan dimanfaatkan dengan baik namun keadaan tersebut tidak jadi penghalang bagi masyarakat desa Jejangkit Timur melangsungkan penghidupan keluarganya.

 Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi tingkat penghidupan masyarakat kawasan lahan Gambut Desa Jejangkit Timur Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan dan mengidentifikasi faktor yang berpengaruh pada tingkat penghidupan masyarakat kawasan lahan gambut, Desa Jejangkit Timur. Data yang digunakan pada penelitian adalah data primer yaitu dari wawancara dan kuesioner serta data sekunder berupa dokumen.

Pengumpulan data menggunakan metode survei dan kuesioner. Jumlah respondennya sebanyak 87 kepala keluarga yang terbagi di 9 RT, kemudian dianalisis dengan pengkalsifikasian nilai indeks dan uji Faktor menggunakan  SPSS, dari hasil uji faktor diperoleh informasi tentang faktor apa yang paling berpengaruh terhadap tingkat penghidupan masyarakat di lahan gambut Desa Jejangkit Timur.

Hasil penelitian menunjukkan perbedaan tingkat penghidupan yaitu rendah sedang dan tinggi, tingkat  penghidupan di Desa Jejangkit Timur tergolong sedang berdasarkan nilai indeksnya. Faktor dominan yang berpengaruh pada tingkat penghidupan masyarakat terdiri dari 2 (dua) faktor utama dalam tingkat penghidupan masyarakat yang meliputi faktor pertama yaitu aset sosial, aset SDM dan aktivitas dan faktor kedua yaitu aset finansial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI