DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN KIT ALAT PERAGA FLUIDA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
PENGARANG:Anggryani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


Rendahnya keterampilan proses sains peserta didik dikarenakan belum ada kit yang memadai dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kit alat peraga fluida yang valid, praktis dan efektif, sehingga layak untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. Desain penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate dan subjek uji coba penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI MIA 2 SMAN 6 Banjarmasin. Pengumpulan data penelitian menggunakan lembar validasi pakar dan praktisi, lembar angket respon siswa, lembar pengamatan keterampilan proses sains, dan lembar tes hasil belajar siswa. Data selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kit alat peraga fluida termasuk valid karena keterkaitan materi, nilai pendidian, ketahanan alat, efesiensi alat dan keamanan alat dalam kriteria valid; (2) kit alat peraga fluida termasuk praktis, karena komponen angket respon siswa dalam kategori praktis; (3) kit alat peraga fluida termasuk efektif karena n-gain kognitif dalam kriteria tinggi dan keterampilan proses sains dalam kriteria baik. Diperoleh kesimpulan bahwa kit alat peraga fluida yang dikembangkanlayak untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI