DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA LAYANAN RUMAH SAKIT ISLAM BANJARMASIN
PENGARANG:ALI MUKARAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


Ali Mukaram. 2019. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Layanan Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Tesis, Program Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Marijati Sangen, SE., MM., (2) Ahmad Rifani, SE., MM.

 

Kata Kunci:Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian, Rumah Sakit Islam Banjarmasin.

 

Persaingan yang ketat dalam industri layanan rumah sakit mengharuskan masing-masing penyedia layanan ini untuk memperbaiki layanan yang mereka berikan kepada konsumen. Rumah sakit sebagai penyedia layanan harus memahami harapan dan keinginan konsumen dengan baik sehingga pada akhirnya rumah sakit akan dapat memberikan layanan yang diharapkan oleh konsumen, ini tentunya akan berdampak pada merek rumah sakit itu sendiri. Sebuah merek memungkinkan rumah sakit untuk bersaing dalam penjualan produk atau layanan dan menunjukkan proporsi nilai strategi bisnisnya,. Penelitian ini berfokus pada menganalisis pengaruh variabel ekuitas merek pada keputusanpembelian jasa layanan, menganalisis pengaruh kesadaran merek pada keputusan pembelian jasa layanan, menganalisis pengaruh asosiasi merek terhadap keputusan pembelian jasa layanan, menganalisis pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian jasa layanan, dan menganalisis pengaruh loyalitas merek terhadap keputusan pembelian jasa layanan di Rumah Sakit Islam Banjarmasin.

Penelitian ini bersifat eksplanatori dengan menggunakan metode penelitian survei. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, yaitu hasil wawancara, kuesioner dan data rata-rata jumlah hari perawatan atau Bed Occupancy Rate (BOR) Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan analisis regresi berganda dengan jumlah sampel 100 orang.

Hasil koefisien regresi menunjukkan bahwa semua variabel independen (Ekuitas Merek, X) terdiri dari Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3) dan Loyalitas Merek (X4) memiliki koefisien regresi positif yaitu X1 = 0,691 ; X2 = 0,147; X3 = 0,067; X4 = 0,081 ini menunjukkan bahwa variabel independen sebanding dengan variabel dependen, yaitu Keputusan Pembelian. Tingkat hubungan antara variabel independen dan variabel dependen dapat dilihat dari koefisien determinasi (R Square) dimana diketahui bahwa nilai R Square dalam penelitian ini adalah 0,964 (96,4%). Ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel independen (Ekuitas Merek) pada variabel dependen (Keputusan pembelian) adalah 96,4%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga sub variabel ekuitas merek mempengaruhi keputusan pembelian layanan jasa Rumah Sakit Islam Banjarmasin, yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek, sedangkan persepsi kualitas dianggap tidak berpengaruh signifikan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI