DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG PADA SISWA KELAS VIII SMPN 26 BANJARMASIN
PENGARANG:Fitriani Setiasih
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


Rendahnya pemahaman konsep siswa dikarenakan kurang terlibat aktif selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua siklus yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 26 Banjarmasin yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan pengamatan keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa serta tes pemahaman konsep setiap akhir siklus, data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterlaksanaan RPP secara keseluruhan pada siklus I dan II berkategori sangat baik; (2) aktivitas siswa yang meliputi mendengarkan penjelasan, menyampaikan pendapat, mengajukan pertanyaan serta bekerja sama mengalami peningkatan pada siklus II; (3) pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar 35,30% (belum tuntas) meningkat pada siklus II sebesar 76,47% (tuntas). Diperoleh simpulan bahwa implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII B SMPN 26 Banjarmasin pada materi getaran dan gelombang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI