DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI KREASI PUNGGAH DI SMPN 14 BANJARMASIN
PENGARANG:PATRISIA TITIS PANGESTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


ABSTRAK

 

Pangesti, Patrisia Titis. 2018. Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Ragam Gerak Tari Kreasi Punggah di SMPN 14 Banjarmasin. Skripsi. Program  Studi Pendidikan Seni Pertunjukan. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum (II) Putri Yunita Permata Kumala Sari, M.Sn

Kata Kunci: kreativitas, pembelajaran ragam gerak Tari Kreasi Punggah.

Kreativitas merupakan ide/gagasan untuk membuat sesuatu menjadi lebih berbeda dari bentuk sebelumnya. Tari Kreasi Punggah dari Sanggar Seni Budaya Wadian Tambai berada di Desa Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.Pelatih di Sanggar Seni Budaya Wadian Tambai dan yang membuat Tari Kreasi Punggah ini adalah Yansyah. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui kreativitas siswa dalam pembelajaran ragam gerak seni Tari Kreasi Punggah di ekstrakurikuler SMPN 14 Banjarmasin yang terfokus pada (1) Mendeskripsikan proses kreativitas siswa dalam pembelajaran, (2) Mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat proses kreativitas siswa, (3) Mendeskripsikan hasil dari kreativitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian diperoleh simpulan, yaitu: (1) proses pembelajaran selama lima kali pertemuan, siswa mampu membuat sesuatu yang berbeda dari bentuk sebelumnya. (2) beberapa faktor yang mendukung, yaitu pengalaman yang mereka dapatkan sebelumnya dalam belajar tari, siswa paham pembelajaran kreativitas dan tidak ragu dalam mengeluarkan ide/gagasannya. Beberapa hambatan, yaitu siswa kurang dalam berimajinasi, cenderung mengikuti temannya dan tidak mengikuti prosesnya dengan baik. (3) hasil dari kreativitas, yaitu membentuk komposisi tari, membuat properti, menggabungkan ragam gerak dan menyesesuaikan musik Punggah dengan ragam gerak yang ditarikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI