DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas XI-IPA SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization
PENGARANG:Misliani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


Hasil belajar dan keterampilan sosial siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin masih rendah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterlaksanaan RPP model pembelajaraan kooperatif tipe team assisted individualization, 2) keterampilan sosial siswa dan 3) hasil belajar siswa. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri 2 siklus. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Temuan penelitian dari siklus I ke siklus II yaitu: 1) Keterlaksanaan RPP secara keseluruhan meningkat dari 93% menjadi 95%, 2) Keterampilan sosial siswa meningkat dari 61,67% menjadi 80,42%, dan 3) Hasil belajar siswa dari 0% menjadi 11,11%. Diperoleh simpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization di XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin, penelitian ini tidak dapat dikatakan berhasil secara keseluruhan dikarenakan terdapatnya indikator keberhasilan yang tidak terpenuhi. Dalam penelitian ini hasil belajar siswa tidak memenuhi indikator keberhasilan ketuntasan klasikal, akan tetapi keterlaksanaan RPP dan keterampilan sosial siswa telah memenuhi indikator keberhasilan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI