DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MUHAMMAD NOOR IKHSAN
PENGARANG:MUHAMMAD NOOR IKHSAN
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2017-11-08


Jembatan sungai kupang III merupakan salah satu jembatan yang terletak di desa Taniran Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan. Jembatan tersebut merupakan jembatan kayu ulin yang sudah tidak memenuhi standar keselamatan, karena terdapat beberapa lubang yang besar. Oleh sebab itu dilakukan peningkatan jembatan menjadi jembatan beton bertulang tipe gelagar balok T dengan bentang 25 m. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk  mendesain  jembatan  struktur  atas  tipe  gelagar  balok  T  dan  jembatan struktur bawah (abutment dan pondasi) yang aman secara teknis, sehingga aman dilalui oleh masyarakat sekitar.

Metodologi yang digunakan pada perancangan desain jembatan ini, gelagar balok T menggunakan peraturan yang mengacu pada RSNI T-02-2005, RSNI T-

12-2004 dan dibantu dengan aplikasi software SAP2000. Perancangan struktur 

bawah  menggunakan  abutment  tipe caping  beam beton  bertulang  dan  pada 

pondasi  menggunakan  perhitungan  daya  dukung  tiang  pancang  berdasarkan 

metode Meyerhoff dan BazaarConverse-Labarre, dan Broms. Pada penulangan 

struktur atas dan struktur bawah mengacu pada SNI 03-2847-2002.

Hasil yang didapatkan dari perancangan tugas akhir ini adalah; pelat lantai direncanakan dengan panjang 25 m, lebar 0,5 m + 6 m + 0,5 m, dan tebal 0,20 m. 

 

Gelagar balok T direncanakan menggunakan ukuran lebar efektif (b

eff) 1,6 m, 

 

lebar badan (bw) 0,3 m, lebar bawah (b) 0,55 m, dan tinggi (h) 1,7 m. Pada perhitungan gelagar tipe balok T didapatkan Momen Tahan = 495,422 ton.m ≥ 

Momen Desain = 493,699 ton.m. Abutment menggunakan tipe caping beam beton 

bertulang dan menggunakan 10 titik tiang pancang per abutment dengan diameter 0,5 m sedalam 30 m. Pada perhitungan daya dukung tiang pancang terhadap 

 

beban vertikal yaitu Q

ijin = 944,050 kN > Q kerja = 759,713 kN serta daya dukung 

 

tiang pancang terhadap beban lateral yaitu H

ijin = 26 ton > H kerja = 10,936 ton. 

 

Pekerjaan yang ditinjau pada RAB adalah pekerjaan tanah, aspal, struktur atas dan 

struktur bawah. Dengan total hasil estimasi biaya sebesar Rp. 4.533.110.000,-. Kata Kunci : Jembatan, Gelagar Balok T, RSNI T-02-2005

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI