DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MUHAMMAD NOOR IKHSAN | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD NOOR IKHSAN | |
PENERBIT | : | FAKULTAS TEKNIK | |
TANGGAL | : | 2017-11-08 |
Jembatan sungai kupang III merupakan salah satu jembatan yang terletak di desa Taniran Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan. Jembatan tersebut merupakan jembatan kayu ulin yang sudah tidak memenuhi standar keselamatan, karena terdapat beberapa lubang yang besar. Oleh sebab itu dilakukan peningkatan jembatan menjadi jembatan beton bertulang tipe gelagar balok T dengan bentang 25 m. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk mendesain jembatan struktur atas tipe gelagar balok T dan jembatan struktur bawah (abutment dan pondasi) yang aman secara teknis, sehingga aman dilalui oleh masyarakat sekitar.
Metodologi yang digunakan pada perancangan desain jembatan ini, gelagar balok T menggunakan peraturan yang mengacu pada RSNI T-02-2005, RSNI T-
12-2004 dan dibantu dengan aplikasi software SAP2000. Perancangan struktur
bawah menggunakan abutment tipe caping beam beton bertulang dan pada
pondasi menggunakan perhitungan daya dukung tiang pancang berdasarkan
metode Meyerhoff dan Bazaar, Converse-Labarre, dan Broms. Pada penulangan
struktur atas dan struktur bawah mengacu pada SNI 03-2847-2002.
Hasil yang didapatkan dari perancangan tugas akhir ini adalah; pelat lantai direncanakan dengan panjang 25 m, lebar 0,5 m + 6 m + 0,5 m, dan tebal 0,20 m.
Gelagar balok T direncanakan menggunakan ukuran lebar efektif (b
eff) 1,6 m,
lebar badan (bw) 0,3 m, lebar bawah (b) 0,55 m, dan tinggi (h) 1,7 m. Pada perhitungan gelagar tipe balok T didapatkan Momen Tahan = 495,422 ton.m ≥
Momen Desain = 493,699 ton.m. Abutment menggunakan tipe caping beam beton
bertulang dan menggunakan 10 titik tiang pancang per abutment dengan diameter 0,5 m sedalam 30 m. Pada perhitungan daya dukung tiang pancang terhadap
beban vertikal yaitu Q
ijin = 944,050 kN > Q kerja = 759,713 kN serta daya dukung
tiang pancang terhadap beban lateral yaitu H
ijin = 26 ton > H kerja = 10,936 ton.
Pekerjaan yang ditinjau pada RAB adalah pekerjaan tanah, aspal, struktur atas dan
struktur bawah. Dengan total hasil estimasi biaya sebesar Rp. 4.533.110.000,-. Kata Kunci : Jembatan, Gelagar Balok T, RSNI T-02-2005
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI