DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS
PENGARANG:Piyah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terlatihnya keterampilan proses sains peserta didik di SMPN 1 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kelayakan LKPD berbasis STEM untuk melatih keterampilan proses sains, dengan tujuan khusus yaitu untuk mendeskripsikan: (1) validitas LKPD, (2) kepraktisan LKPD, (3) keefektifan LKPD. Jenis penelitian yaitu R&D mengacu pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian adalah 33 peserta didik kelas VIII-B SMPN 1 Banjarmasin. Data diperoleh dari lembar validasi LKPD, lembar pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar pengamatan keterampilan proses sains, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid, karena hasil validasi komponen didaktik, konstruksi, dan teknis dalam kategori sangat valid, (2) LKPD yang dikembangkan dinyatakan praktis, karena keterlaksanaan RPP dengan kategori sangat praktis, (3) LKPD yang dikembangkan dinyatakan efektif, karena hasil pengamatan keterampilan proses sains termasuk kategori baik dan N-Gain THB dalam kategori sedang. Simpulan penelitian adalah LKPD berbasis STEM yang dikembangkan termasuk layak untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI