DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERENCANAAN KOMUNIKASI DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PENYULUHAN HIV/AIDS
PENGARANG:Intan Pandini
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


ABSTRAK

Intan Pandini,  D1C114274, 2019, “Analisis Perencanaan Komunikasi dalam Melaksanakan Program Penyuluhan HIV/AIDS “Aku Bangga Aku Tahu”(Studi pada Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin)” Di bimbing oleh Sri Astuty dan Lalita Hanief.

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan analisis perencanaan komunikasi dalam melaksanakan program penyuluhan HIV/AIDS “Aku Bangga Aku Tahu” yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci meliputi Ketua Program HIV/AIDS “Aku Bangga Aku Tahu” Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, sedangkan informan pendukung adalah petugas penyuluh dan peserta penyuluhan. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya di analisis dengan prosedur, reduksi data, penyajian data dan ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluhan yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dalam melakukan penyuluhan yaitu dengan menggunakan model perencanaan sebagai berikut: melakukan penelitian yang disebut sebagai surveillance, perencanaan yang dilakukan dengan menyusun strategi untuk mengimplementasikan kegiatan penyuluhan, pelaksanaan dilakukan secara tatap muka langsung dengan peserta penyuluh dan menggunakan power point, pengukuran/evaluasi dilaksanakan satu tahun sekali dan pelaporan yang digunakan yaitu laporan tertulis berbentuk surat pertanggungjawaban.

Kata Kunci: Strategi komunikasi, perencanaan komunikasi, program penyuluhan, HIV/AIDS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI