DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SDIT AL-FIRDAUS BANJARMASIN
PENGARANG:SORAYA ANDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


ABSTRAK

 

SORAYA ANDINA 2018. Melalui Media Puzzle Dalam Meningkatkan Kemampuan

Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Kelas VI di SDIT Al-Firdaus Banjarmsin Skripsi Program Studi Pendidikan Khusus FKIP ULM, Pembimbing (1) Dr. Sunarno Basuki, M.Kes, (2) Hasanudin, M.Pd

 

Kata Kunci : Media  Puzzle, Kemampuan Konsentrasi

            Kemampuan konsentrasi pada anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) kelas VI di SDIT l-Firdaus Banjarmasin masih kurang terutama saat proses pembelajaran, seperti dalam penyebutan angka bilangan dari 1- 10 anak masih banyak mengalami kesalahan. Penanganan yang dilakukan peneliti adalah memberikan suatu latihan dengan menggunakan media puzzle untuk meningkatkan konsentrasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan konsentrasi anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dalam penggunaan media puzzle di kelas VI SDIT Al-Firdaus Banjarmasin.

            Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design, sumber data penulisan adalah  satu siswa ADHD di kelas VI SDIT Al-Firdaus Banjarmasin, dengan teknik penegumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif .

            Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan media puzzle bagi siswa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SDIT Al-Firdaus Banjarmasin dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi anak. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan kemampuan konsentrasi anak dalam hasil tes yang dilakukan. Dengan menggunakan media puzzle adanya peningkatan sebelum dan sesudah pemberian treatmen/perlakuan pada konsentrasi anak. Hasil penelitian ini disarankan pada guru dan orang tua anak agar lebih kreatif dan inovatif dalam membantu perkembangan anak dari segi konsentrasi ataupun hal lainnya. Sehingga dapat memberikan pendekatan yang terbaik bagi anak dan dapat memaksimalkan kemampuan-kemampuan anak lainnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI