DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI SEMANTIK KOGNITIF DALAM FANFICTION RIDDLE
PENGARANG:IRMA YULIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


ABSTRAK

Yuliana, Irma. 2017. Studi Semantik Kognitif dalam Kumpulan Fanfiction Riddle. Tesis, Universitas Lambung Mangkurat Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pembimbing: (I) Dr. H. Zulkifli, M. Pd. (II) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.

 

Kata kunci: fanfiction, riddle, semantik kognitif

 

Penelitian ini membahas tentang studi semantik kognitif dalam kumpulan fanfiction riddle. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menguraikan penyelesaian teka-teki dari tiap-tiap fanfiction riddle, (2) menguraikan kategori analisis (kelogisan, pengalaman personal, metafora) dari tiap-tiap fanfiction riddle, (3) Menguraikan tentang kode-kode dalam pemahaman karya sastra dari fanfictionriddle.

Penelitian ini menggunakan pendekatan semantik kognitif. Metode yang digunakan adalah analisis isi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik dokumentasi (studi kepustakaan). Berdasarkan metode yang digunakan maka teknik pengolahan data dengan membaca secara intensif kemudian menganalisis fakta-fakta yang ditemukan dalam sumber penelitian.

Hasil simpulan penelitian ini adalah: (1) peneliti menemukan bahwasanya jawaban riddle berasal dari proses pembacaan secara semantik kognitif yang bersumber dari “pengetahuan personal” ataupun berdasarkan pengalaman, (2) pengkategorian studi semantik kognitif, terdiri atas kelogisan (A Good doctor, Footprints, My Boyfriend, Daddy Got Angry, dan Their Morning), pengalaman personal (Alphabet, Secret Code, Cipher,dan Even My Dad Does Something), bahasa kias atau metafora (Spy, Thanks Univers, Sayatan, dan Birthday). (3) Kode pemahaman yang harus dimengerti oleh pembaca terdiri atas 2 macam kode; yakni kode bahasa dan kode sastra.

            Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi kita semua bahwa: dalam menikmati karya sastra, kita sebaiknya tidak hanya terpaut dalam pemikiran untuk mendapatkan hiburan semata, seharusnya karya sastra itu bisa berguna untuk melatih daya kekuatan berfikir pembacanya.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI