DIGITAL LIBRARY



JUDUL:METODE DEMONSTRASI DAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI) DALAM PEMBELAJARAN ALAT MUSIK BELLYRA DI KELAS VIII A SMPN 1 BANUA LAWAS KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:Rizka Aulia Putri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


Putri, Rizka Aulia. 2018. Metode Demonstrasi dan Model Team Assisted Individually (TAI) dalam Pembelajaran Alat Musik Bellyra di Kelas VIII A SMPN 1 Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I)Maryanto, M.Sn (II) Sulisno, S.Sn., M.A.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Model Team Assisted Individally, Bellyra

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan metode demonstrasi dan model team assisted individually (TAI) dalam pembelajaran seni musik di kelas VIII A yang dilakukan oleh guru seni budaya SMPN 1 Banua Lawas Kabupaten Tabalong dengan memanfaatkan salah satu alat musik yang sering digunakan dalam drum band yaitu bellyra/marching bell sebagai sebuah materi yang dikembangkan dan dirancang sesuai alokasi waktu yang terdapat pada silabus. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metodeadeskriptif. Subjeknya adalah guru seni budaya dan siswa kelas VIII A SMPN 1 Banua Lawas yang berjumlah 25 siswa. Untuk mendapatkan data yang akurat, teknik pengumpulan data menggunakan trianggulasi teknik dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu data tersebut akan direduksi, disajikan dalam bentuk deskripsi naratif disertai foto dan kemudian diberikanOkesimpulan/verifikasi data. 

Berdasarkan hasil penelitian, guru melakukan proses pembelajaran dalam 4 kali pertemuan dengan kompetensi siswa dapat memahami deskripsi, fungsi, dan teknik serta dapat memainkan alat musik bellyra dengan lagu Gundul-Gundul Pacul melalui sebuah rangkaian proses pembelajaran dengan metode demonstrasi dan model TAI. Kemudian dilakukan penilaian yang diambil dari pertemuan kedua, ketiga, dan keempat berdasarkan kamampuan kognitif dan psikomotorik. Dilihat dari proses tersebut siswaaterlihat aktif, pembelajaranktidak hanya berfokus pada guru, namun juga dari siswa, dilihat dari hasil pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan psikomotorik dan kognitif siswa secara sekaligus, serta dari segi efesiensi waktu, metode dan model TAI dalam pembelajaran alat musik bellyra dapat mempersingkat waktu yang telah dialokasikan untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI