DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI OLAH TUBUH TERHADAP PEMBELAJARAN TARI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA EKSTRAKURIKULER TARI DI SMP 2 BANJARBARU
PENGARANG:Robiatul Adawiyah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


Adawiyah, Robiatul. 2018. Implementasi Olah Tubuh pada Keterampilan Tari Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Banjarbaru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : (1) Edlin Yanuar Nugraheni, M. Sn (II) Putri Yunita Permata Kumala Sari M. Pd.

Kata Kunci : Olah tubuh, Model explicit instruction, tari

            Kesulitan  dalam menyeimbangkan tubuh dan kurang memiliki kelenturan pada tubuh. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan latihan olah tubuh dengan menggunakan model pembelajaran exsplicit instruction. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, instrument dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi guna menguji keabsahan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.

            Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, menggunakan sintaks yang ada pada model pembelajaran eksplicit instruction dengan 5 fase yaitu menjelaskan tujuan, mendemonstrasikan, memberikan latihan, memeriksa pemahaman, serta memberi latihan lanjutan. Dalam 4 kali pertemuan, pertemuan pertama siswa diajarkan ragam tarian kreasi pasar terapung untuk mengetahui kemampuan siswa, pertemuan ke 2-4 siswa latihan olah tubuh kelenturan statis, kelenturan ritmis dan kecepatan. Setiap kali pertemuan siswa mengalami perkembangan sedikit demi sedikit dalam menggerakan ragam tari kreasi pasar terapung, dan pada pertemuan ke 4 siswa sudah bisa memiliki ketepatan dalam menggerakan ragam tari tersebut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI