DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Bahan Ajar Fisika dengan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) untuk Melatihkan Keterampilan Beragumentasi Siswa
PENGARANG:ANNISA NURSYIFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK MELATIHKAN

KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA

(Oleh: Annisa Nursyifa; Pembimbing: Sri Hartini, M.Sc, Abdul Salam M, M.Pd)

 

ABSTRAK

 

Belum tersedianya bahan ajar yang mendukung untuk melatihkan keterampilan berargumentasi siswa melatarbelakangi pengembangan bahan ajar fisika dengan model Argument-Driven Inquiry (ADI) pada materi Getaran Harmonis untuk melatihkan keterampilan argumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar berdasarkan (1) validitas bahan ajar fisika, (2) kepraktisan bahan ajar fisika, (3) efektivitas bahan ajar fisika, dan (4) pencapaian keterampilan argumentasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah kelas X-MIA-2 SMA Negeri 12 Banjarmasin yang berjumlah 21 orang. Data diperoleh dari lembar validasi bahan ajar, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar, dan lembar pengamatan keterampilan berargumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validitas bahan ajar yang dikembangkan berkategori valid, (2) kepraktisan bahan ajar berkategori praktis, (3) efektivitasbahan ajar berkategori sedang, dan (4) pencapaian keterampilan berargumentasi berkategori terampil. Diperoleh simpulan bahwa bahan ajar fisika dengan model ADI untuk melatihkan keterampilan berargumentasi layak digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: Argument-Driven Inquiry, bahan ajar, keterampilan berargumentasi, research and development

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI