DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Extraordinary Leadership for Extraordinary Goals “(Analisis Kepemimpinan Kepala Desa Berdasarkan Teori Kredibilitas dalam Konteks Tata-Kelola Desa menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa)”
PENGARANG:Rahmat Fauzan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


Paradigma Desa Membangun menghadirkan tantangan luar biasa (extraordinary goals) bagi kepala desa. Tantangan yang luar biasa ini membutuhkan extraordinary leader. Penelitian ini didesain untuk menganalisis kredibilitas kepemimpinan kepala desa sebagaimana tuntutan Undang-Undang Desa. Desa dan kepala desa yang dipilih sebagai kasus adalah Desa dan Kepala Desa Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Dengan menerapkan teori creadibility dan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif terdeskripsikan bahwa Kepala Desa Lok Baintan belum memenuhi syarat-syarat untuk menjadi seorang extraordinary leader.Tingkat kredibilitas kepemimpinan Kepala Desa Lok Baintan berdasarkan hasil Uji-T (T-Test)dengan tingkat signifikasi sebesar 5% tergolong rendah. Tingkat kejujurannya hanya 36,5%; tingkat kompetensinya 32,7%, walaupun kemampuan memandang ke depan dan menginspirasi masing-masing 51,9% dan 59,6%. Penelitian ini merekomendasikan agar pemilihan kepala desa ke depan, selain didasarkan pada aturan normatif yang berlaku, juga harus didasarkan pada kredibilitasnya, sehingga ada jaminan dapat mewujudkan extraordinary goals sesuai dengan cita-cita Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

 

Kata Kunci: Paradigma Desa Membangun, UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, kredibilitas, kepemiminan luar biasa untuk tujuan luar biasa

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI