DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM PENENTUAN HARGA JUAL PADA ALEXA BAKERY BANJARMASIN
PENGARANG:SINUNG NUGROHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-08


ABSTRAKSI

 

Sinung Nugroho (2019), Perhitungan Harga Pokok Produksi dalam Penentuan Harga Jual pada Alexa Bakery Banjarmasin.                                       Pembimbing: Dra. Rusma Nailiah, M. Si, Ak, CA

Harga pokok produksi merupakan komponen yang perlu di perhitungkan dengan benar oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi. Perhitungan harga pokok produksi sangat berperan dalam penentuan harga jual produk agar harga yang di tawarkan kepada konsumen dapat bersaing di pasaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi yang sesuai dengan teori Akuntansi Biaya dan untuk mengetahui penentuan harga jual produk yang tepat.

Jenis penelitian pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi.

Alexa Bakery dalam melakukan perhitungan harga pokok produksi masih tidak sesuai dengan konsep Akuntansi Biaya. Perusahaan memperhitungkan harga pokok produksi hanya dengan menjumlahkan semua biaya yang dikeluarkan pada saat proses produksi. sedangkan menurut Akuntansi Biaya, perhitungan harga pokok produksi digolongkan menjadi biaya produksi dan biaya non produksi. Biaya produksi mencakup biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. Sedangkan biaya non produksi mencakup biaya pemasaran, biaya administrasi/umum. Perusahaan juga belum membebankan depresiasi aset tetap ke dalam biaya overhead pabrik dan belum melakukan perhitungan alokasi biaya bersama terhadap tiap jenis roti yang di produksi.

Kata Kunci : Harga Pokok Produksi, Harga Pokok Proses, Harga Jual

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI