DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP NEGERI 24 BANJARMASIN
PENGARANG:SYAMSUL ALAM SURIAZDIN
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-08


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik yang bertujuan untuk
mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada
pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan saintifik. Objek utama
penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa, sedangkan subjek penelitian
adalah siswa kelas VIIC SMPN 24 Banjarmasin sebanyak 34 siswa dan juga guru
yang mengajar. Penelitian berlangsung dalam 8 kali pembelajaran. Data penelitian
dikumpulkan melalui pengamatan di dalam kelas dan pengamatan hasil analisa
lembar kerja siswa. Hal yang diamati dalam penelitian ini adalah lima kegiatan
pendekatan saintifik yang berhubungan dengan tingkatan kognitif taksonomi
bloom. Kegiatan tersebut yaitu, mengamati, menanya, mengumpulkan data,
mengasosiasi dan mengomunikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
keterampilan berpikir siswa muncul melalui kegiatan dalam pendekatan saintifik.
Berdasarkan penelitian, siswa yang distimulus melakukan kegiatan membangun
pengetahuan berdasarkan hasil pengamatan dan pengolahan informasi oleh siswa
itu sendiri, mampu melatihkan siswa mengembangkan kemampuan berpikirnya
secara kritis, selain itu juga pendekatan saintifik menumbuhkan sikap ilmiah siswa
dalam mengolah dan menyampaikan suatu informasi yang didapatkannya.


Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, dan pendekatan saintifik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI