DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Prospek Peningkatan Status Desa Pulau Sewangi Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:MUHAMMADNOR FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-22


ABSTRAK

 

Muhammadnor Fitri, D1B114231, 2019, Prospek Peningkatan Status Desa Pulau Sewangi Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Pembimbing I Sandra Bhakti Mafriana dan Pembimbing II Jamaluddin.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan keterangan mengenai prospek peningkatan status Desa Pulau Sewangi, Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk mengetahui prospek Desa Pulau Sewangi dalam meningkatkan status desa, didalam penelitian ini digunakan teori pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) yang meliputi tiga dimensi yaitu dimensi sosial, dimensi ekonomi, dan dimensi ekologi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara untuk mendapatkan data yang lebih mendalam. Menggunakan teknik analisis data dengan statistik deskriptif yaitu teknik analisis data untuk memberikan gambaran informasi masalah secara jelas dan mendalam dengan menggunakan tabel persentase kemudian dihitung dengan menggunakan klasifikasi kategori desa menurut IDM.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan dari semua dimensi yaitu sosial, ekonomi, dan ekologi, didapatkan perhitungan IDM yaitu sebesar 0,800. Pada dimensi sosial nilai perhitungan pencapaian skor yang diperoleh yaitu 0,863. Selanjutnya pada dimensi ekonomi nilai perhitungan pencapaian skor yang diperoleh yaitu 0,780. Dan pada dimensi ekologi nilai perhitungan pencapaian skor yang diperoleh yaitu 0,757. Hal ini berarti jika dilihat dari keseluruhan dimensi, Desa Pulau Sewangi sudah memiliki prospek peningkatan status menjadi desa maju.

Adapun saran yang ditujukan untuk Desa Pulau Sewangi yaitu perlu dilakukannya sosialisasi kepada masyarakat desa agar lebih menjaga lingkungan tempat tinggal mereka, lebih meningkatkan lagi sarana maupun prasarana kebutuhan masyarakat seperti kualitas jalanan, sekolah, dan fasilitas kesehatan di desa guna menunjang aktifitas dan kesehatan masyarakat di Desa Pulau Sewangi, dan meningkatkan kesadaran masyarakat serta peran aktif dari seluruh kesatuan yang ada di Desa Pulau Sewangi untuk terus membangun desa pada keseluruhan dimensi, yaitu dimensi sosial, ekonomi dan lingkungan.

 

Kata Kunci : Prospek, Status, Desa, Pulau Sewangi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI