DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS MODAL SOSIAL DALAM PEMBANGUNAN DI DESA PAKU ALAM KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:Zulkipli
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-22


ABSTRAK

Zulkifli D1B113021, “Analisis Modal Sosial dalam Pembangunan di Desa Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar”. Dibawah bimbingan Sandra Bhakti Mafriana sebagai pembimbing I dan Mahyuni selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan analisis modal sosial dalam pembangunan desa Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif.Yang menjadi responden penelitian adalah aparatur pemerintah, tokoh adat, dan masyarakat setempat. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, metode angket (kuesioner) dan studio dokumen. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dengan diuji menggunakan pengujian validasi dan relibialitas instrument.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini menunjukkan bahwakalkulasi dimensi lembaga sosial  tersebut adalah 89,4%, sehingga dimensi lembaga sosial desa memiliki kategori SANGAT TINGGI (berada dalam interval 80,01% sampai dengan 100%). Tingkat keterlibatan responden dalam lembaga sosial di Desa Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar menunjukan bahwa kalkulasi dimensi keterlibatan tersebut adalah 90,65%, sehingga dimensi keterlibatan memiliki kategori SANGAT TINGGI (berada dalam interval 80,01% sampai dengan 100%). Tingkat keterlibatan responden dalam lembaga sosial antar Desa menunjukan bahwa kalkulasi dimensi lembaga sosial lintas desa tersebut adalah 90,65%, sehingga dimensi lembaga sosial antar desa memiliki kategori SANGAT TINGGI (berada dalam interval 80,01% sampai dengan 100%). Tingkat ketetanggaan responden dalam interaksi dan kekeluargaan antar warga di Desa Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar menunjukan bahwa kalkulasi dimensi ketetanggaan tersebut adalah 55,82%, sehingga dimensi ketetanggaan memiliki kategori RENDAH (berada dalam interval 40,01% sampai dengan 60%).

Saran kepada aparatur Pemerintah dan pengurus lembaga sosial harus mempertahankan dalam hal memperkenalkan lembaga sosial di desa Paku Alam, harus mempertahankan kinerjanya dalam hal mengikutsertakan masyarakat untuk terlibat langsung dalam kegiatan lembaga sosial, harus mempertahankan keaktifan masyarakat desa Paku Alam untuk ikut serta lembaga sosial antar desa, Mengenai dimensi ketetanggaan, interaksi, gotong royong dan kekeluargaan antar warga di Desa Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar harus ditingkatkan lagi.

 

 

Kata Kunci : Analisis Modal Sosial dalam Pembangunan Desa

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI