DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Potensi desa Paku Alam kecamatan Sungai Tabuk kabupaten Banjar untuk menjadi desa mandiri
PENGARANG:SOSIOS ANUGRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-24


ABSTRAK

 

Sosios Anugrah. 2019. Pengaruh Potensi Desa Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Untuk Menjadi Desa Mandiri. Dibimbing oleh  Suriansyah Umar, dan Sandra Bhakti.

 Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui potensi apa saja yang dimiliki Desa Paku Alam untuk menjadi desa mandiri. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan yang menjadi informan adalah aparatur pemerintah, lembaga sosial desa, dan masyarakat setempat. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 98 orang, dengan menggunakan teknik kuisioner. Analisis data dilakukan dengan mengukur indeks desa membangun berdasarkan Permendesa Nomor 02 Tahun 2016 Indeks Desa Membangun.

Hasil penelitian berdasarkan variabel sosial menunjukkan bahwa Desa Paku Alam memiliki indeks desa membangun dengan kategori maju. Berdasarkan variabel ekonomi menunjukkan bahwa Desa Paku Alam memiliki indeks desa membangun dengan kategori mandiri, dan berdasarkan variabel ekologi, menunjukkan bahwa Desa Paku Alam memiliki indeks desa membangun dengan kategori maju. Dari Perhitungan indeks desa membanguna secara keseluruhan Desa Paku Alam dikategorikan maju.

Saran kepada Pemerintah harus lebih antusias lagi dalam meningkatkan potensi yang ada di desa paku Alam, ini supaya masyarakat lebih mengetahui potensi apa saja yang ada di desa dan adanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan potensi-potensi yang ada di desa.

Kata Kunci: Sosial,Ekonomi, Ekologi dan desa Mandiri

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI