DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pengaruh PDB UMKM, Investasi UMKM Dan Upah Minimum Rata-rata Nasional Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor UMKM Indonesia Tahun 2006-2017
PENGARANG:RIAMA DUMAITA SIMANJUNTAK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-24


Riama Dumaita Simanjuntak (2019). Analisis Pengaruh PDB UMKM, Investasi UMKM Dan Upah Minimum Rata-rata Nasional Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Indonesia Tahun 2006-2017. Pembimbing: Chairul Sa’roni, SE, M.Si.

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui pengaruh PDB UMKM, investasi UMKM, dan upah minimum rata-rata nasional terhadap penyerapan tenaga kerja sektor UMKM dan mengetahui variabel mana yang paling dominan berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja sektor UMKM. Penelitian dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda dan data yang dianalisis diolah dengan aplikasi program Eviews versi 9.

Hasil analisis regresi pada penelitian ini dapat diketahui bahwa PDB UMKM, Investasi UMKM, dan upah minimum rata-rata nasional secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sektor UMKM. Sedangkan secara parsial yaitu variabel PDB UMKM dan variabel upah minimum rata-rata nasional berpengaruh signifikan dan variabel investasi UMKM tidak berpengaruh signifikan. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja UMKM yaitu variabel PDB UMKM.

 

Kata Kunci: Tenaga kerja, PDB UMKM, Investasi UMKM, Upah Minimum Rata-rata Nasional, Indonesia

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI