DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAMALAN JUMLAH PRODUKSI PANEN KELAPA SAWIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING HOLT-WINTERS (STUDI KASUS PT. SUBUR AGRO MAKMUR)
PENGARANG:M. DIANNOOR SHAPUTERA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-24


PERAMALAN JUMLAH PRODUKSI PANEN KELAPA SAWIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING HOLT-WINTERS (STUDI KASUS PT. SUBUR AGRO MAKMUR) (Oleh : M. Diannoor Shaputera; Pembimbing : Fatma Indriani, S.T, M.IT dan Dwi Kartini, S.Kom,. M.Kom ; 2019; 63 Halaman)

             PT.Subur Agro Makmur tidak lepas dari masalah dibidang produksi kelapa sawit, diantaranya menentukan kebijakan, strategi perusahaan dalam menghadapi persaingan industri kelapa sawit dan mendapatkan hasil produksi kelapa sawit yang sesuai harapan. Hasil produksi kelapa sawit yang merupakan faktor paling penting dalam menentukan kebijakan. Untuk mengatasi permasalahan yang ada di perusahaan PT.Subur Agro Makmur diperlukan peramalan untuk hasil produksi yang dapat mengetahui dan melihat perkembangan hasil produksi di masa yang akan datang dengan menggunakan metode exponential smoothing holt-winters sebagai studi kasus yang diangkat. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data panen bulanan yang dikelompokkan secara tahunan. Langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari identifikasi masalah, pengumpulan data, analisa data, dan uji kualitas hasil peramalan berbasiskan galat yang terjadi pada hasil peramalan dengan menggunakan model analisis galat MAD, MSE, dan MAPE. Proses pengambilan data dilakukan secara langsung pada PT. Subur Agro Makmur dimana lahan dibagi oleh pihak PT. Subur Agro Makmur menjadi 8 blok. Pada implementasinya, setiap blok akan dihitung secara terpisah sehingga perhitungan pada satu blok tidak akan mempengaruhi perhitungan pada blok lainnya. Pada proses analisa data, metode yang digunakan adalah exponential smoothing holt-winters dengan model Aditif. Metode ini merupakan hasil pengembangan dari metode peramalan Holt yang dikembangkan kembali oleh Winter dan cocok digunakan untuk data dengan jenis time series. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode exponential smoothing holt-winters dapat digunakan untuk memprediksi hasil panen dengan tingkat galat berbasis MAD mencapai nilai 33,56, dan tingkat galat berbasiskan perhitungan MSE mencapai 2110,68, serta menghasilkan tingkat galat sebesar 3,96% pada basis perhitungan MAPE dengan koefisien pembobotan untuk α = 0,9, β = 0,2 dan γ = 0,9,  yang dapat diartikan bahwa implementasi metode exponential smoothing holt-winter model aditif pada PT. Subur Agro Makmur dikategorikan sebagai sangat baik dikarenakan pada kriteria MAPE yang menunjukan bahwa nilai dibawah 10% dikatakan sangat baik.

Kata Kunci : Peramalan, Holt-Winters, Kelapa Sawit.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI