DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah dan Komunikasi antarpribadi Guru dengan Kinerja Guru SD Negeri Se-Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya
PENGARANG:ANDREW HIZKIA SIMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-24


ABSTRAK

 

Andrew Hizkia Siman, 2016:

Hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah dan Komunikasi antarpribadi Guru dengan Kinerja Guru SD Negeri Se-Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya. Tesis Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas  Lambung Mangkurat.

Pembimbing : (1) Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.,

(2) Dr. Ngadimun, MM.

 

Kata Kunci : Supervisi kepala sekolah, komunikasi antarpribadi guru,  kinerja  guru

 

Guru harus berperan serta secara aktif dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang handal di bidang pendidikan dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional, sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Dewasa ini kualitas pendidikan pada SD Negeri Se-Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya masih belum sesuai standar yg telah ditetapkan. Hal itu disebabkan  antara lain kinerja guru, misalnya guru mengajar dengan perencanaan yang kurang, pelaksanaan pembelajaran yg belum optimal dan tehnik evaluasi yang kurang tepat. Oleh karena itu perlu ada upaya untuk menemukan faktor-faktor apa saja yang dapat mpengaruhi kinerja guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa hal antara lain : (1) hubungan antara supervisi kepala sekolah dengan kinerja  guru SD Negeri Se-Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya, (2) hubungan antara komunikasi antarpribadi guru dengan kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya, (3) hubungan supervisi kepala sekolah dan komunikasi antarpribadi guru secara bersama-sama dengan kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya.

            Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik korelasional.  Populasi penelitian adalah guru SD Negeri Se-Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya sebanyak 202 orang, dengan menggunakan teknik proportional random sampling diperoleh sampel sebanyak 128 orang guru. Teknik pengumpulan data variabel supervisi kepala sekolah, variabel komunikasi antarpribadi guru dan variabel kinerja guru menggunakan kuesioner berbentuk skala Likert. Pengujian instrumen menggunakan uji validasi dan reliabilitas data, sedangkan pengujian  persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Hubungan antara masing-masing variabel penelitian dapat diketahui dengan menggunakan korelasi product moment pearson dan korelasi ganda dengan menggunakan aplikasi program SPSS 20.00.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat hubungan antara supervisi kepala sekolah dengan kinerja  guru SD Negeri Se-Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya, (2) terdapat hubungan antara komunikasi antarpribadi guru dengan kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya, (3) terdapat hubungan antara supervisi kepala sekolah dan komunikasi antar pribadi guru secara bersama-sama dengan kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya.

            Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disarankan kepada : (1) kepala sekolah hendaknya dapat memberikan bimbingan pada guru dalam pembuatan RPP, melakukan kunjungan kelas, membimbing tentang tentang cara-cara menilai kemajuan siswa, (2) guru agar dapat memberikan materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum, melaksanakan rencana pertemuan yang telah disusun, membimbing siswa yang mengalami masalah dalam belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI