DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR UNTUK ANAK TUNAGHAHITA RINGAN KELAS IIC DI SLBN 1 PULANG PISAU
PENGARANG:YULSEN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-26


Kata kunci : Membaca, Prestasi Belajar, Media Buku Bergambar
 
 Anak tunagrahita adalah anak berkebutuhan khusus dengan hambatan intelegensi, di SLBN 1 Pulang pisau masalah-masalah yang sering dirasakan berkaitan dengan  proses belajar diantaranya adalah kesulitan dalam  memahami pelajaran,  lemahnya dalam kemampuan  berfikir abstrak, dan mempunyai daya ingat yang lemah. Pangkal utama kelemahan daya ingat pada anak tunagrahita ringan sangat erat kaitannya dengan perhatian dan kosentrasi, dalam proses belajar mengajar, pelajaran yang diberikan pada anak tunagrahita harus diberikan secara berulang – ulang, terlebih juga untuk belajar membaca permulaan, dengan Media buku bergambar yang mudah dibuat untuk pembelajaran membaca permulaan dalam meningkatkan prestasi untuk anak tunagrahita ringan, dengan media buku bergambar bisa menciptakan suasana yang menyenangkan, tidak kaku dan membuat anak merasa betah untuk belajar karena anak merasa dalam situasi belajar sambil bermain. Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar dengan media buku bergambar untuk anak tunagrahita ringan kelas IIC di SLBN 1 Pulang Pisau. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian tindakan kelas dengan mengambil dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 3 orang anak tunagrahita ringan kelas IIC di SLBN 1 Pulang Pisau. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, panduan wawancara, lembar kerja siswa. Analisis data menggunakan deskritif kuantitatif dengan nilai prosentase pencapaian dan disajikan dengan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada hasil awal siswa belajar hanya mendapat nilai  rata-rata pretasi siswa 5,71 %, setelah tindakan siklus 1 nilai rata-rata pretasi siswa 8,34 %, pada tindakan siklus 2 nilai rata-rata prestasi siswa meningkat 46,15%. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media buku bergambar agar memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa akan merasa tertarik dalam pembelajaran bermain sambil belajar, dan tidak terasa jenuh dalam pembelajaran sehingga hasil perstasi belajar dapat meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI