DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI KORELASI EFIKASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI MIA MAN 1 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:Yulia Rahmayanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-29


STUDI KORELASI EFIKASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MAT­ERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI MIA MAN 1 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Oleh: Yulia Rahmayanti; Pembimbing: Muhammad Kusasi, Syahmani; 2018; 88 halaman)

 

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian tentang studi korelasi efikasi diri dengan hasil belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI MIA MAN 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara efikasi diri dan hasil belajar siswa kelas XI MIA MAN 1 Banjarmasin pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif berupa studi deskriptif korelasional dengan desain Penelitian one shot case study. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 2 dengan jumlah siswa 37 orang. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu efikasi diri sebagai variabel bebas, dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Pearson dan analisis deskriptif. Uji korelasi Pearson digunakan untuk hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar siswa. Nilai Pearson Correlation pada SPSS sebesar 0,674 menunjukkan bahwa hubungan antar variabel tersebut adalah hubungan yang kuat.

 

Kata kunci: korelasi, efikasi diri, hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI