DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kemampuan Menceritakan Kembali Cerita Rakyat Berbasis Media Gambar Seri Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Banjarmasin
PENGARANG:DEVI ARIANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-29


Pendidikan merupakan suatu usaha sadar yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas manusia sebagai suatu kegiatan yang sadar akan tujuan, maka dalam pelaksanaannya berada dalam suatu proses yang berkesinambungan dalam setiap jenis dan jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menceritakan kembali cerita rakyat yang telah dibacakan dengan menggunakan media gambar seri peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Banjarmasin. Populasi penelitian ini berjumlah 38 orang peserta didik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan teknik bercerita yang dilakukan oleh pendidik dengan menggunakan media gambar seri. Peserta didik dapat mendengarkan dan mencoba menggunakan media tersebut secara bersamaan. Dengan mendengarkan dan melihat pendidik bercerita, diharapkan peserta didik mampu menceritakan kembali isi cerita sebagai bentuk respon dan pengembangan kemampuan berbahasa.

Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menceritakan kembali cerita rakyat dalam ketegori Sangat Baik (SB) berjumlah 56%, kategori Baik (B) berjumlah 20% dan kategori Cukup (C) berjumlah 23%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran gambar seri sangat efektif dan berpengaruh positif terhadap kemampuan menceritakan kembali cerita rakyat oleh peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI