DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG HAK TANGGUNGAN AKIBAT OBJEKNYA MUSNAH KARENA BENCANA ALAM
PENGARANG:RIDHO SUGIHARTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-30


PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG HAK TANGGUNGAN AKIBAT OBJEKNYA MUSNAH KARENA BENCANA ALAM

 

(Ridho Sugiharto, 2019: 70 hlm)

ABSTRAK

 

Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum bagi kreditur atas perjanjian kredit yang sudah tidak dijamin dengan jaminan hak tanggungan dan untuk mengetahui penggantian atau ganti rugi terhadap objek hak tanggungan dan untuk mengetahui gambaran yang lebih jelas tetang perlindungan hukum bagi pemegang hak tanggungan akibat objeknya musnah karena bencana alam.

 

Dalam penulisan skripsi ini menggunakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriftif analisis, dengan meneliti bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder.

 

Hasil dari penelitian skripsi ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, mengenai perlindungan kreditur terhadap perjanjian kredit yang sudah tidak dijamin dengan hak tanggungan dikarenankan objeknya musnah karena bencana alam belum ada secara rinci menjelaskan atau terdapat kekaburan hukum. Sehingga menimbulkan permasalahan dari pihak kreditur akibat dari perjanjian kredit yang sudah tidak dijamin dengan jaminan hak tanggungan. Kedua, penggantian atau ganti rugi terhadap objek hak tanggungan yang musnah karena bencana alam tidak ada aturan yang mengatur sehingga menimbulkan kekosongan hukum. Sehingga perjanjian kredit yang dibuat oleh kreditur dan debitur setelah kejadian bencana alam yang memusnahkan objek dari jaminan hak tanggungan tersebut menjadi perjanjian kredit tanpa adanya jaminan dari pihak debitur. Dampak lainnya yaitu menimbulkan kerugian kepada kreditur apabila tidak ada ganti rugi terhadap objek yang menjadi jaminan.

 

Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Hak Tanggungan, Bencana Alam.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI