DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU-BUKU KE-PPKn-AN DI PERPUSTAKAAN PUSAT OLEH MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN
PENGARANG:DEBY HAPSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-04-30


Deby Hapsari, 2018. Pemanfaatan Koleksi Buku-Buku ke-PPKn-an di Perpustakaan Pusat Oleh Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Zainul Akhyar, M.H (II) Dr. Acep Supriadi, M.Pd., M.AP

Kata Kunci : Pemanfaatan koleksi buku, Buku ke-PPKN-an, Perpustakaan

 

Instansi pendidikan tertinggi yaitu universitas, setiap instansi pendidikan harus memiliki suatu sumber informasi untuk kegiatan belajar dan pembelajaran. Sumber informasi itu utama yang dipersiapkan oleh instansi pendidikan yaitu perpustakaan. Perpustakaan merupakan sarana pendidikan yang bertujuan menunjang pembelajaran, dan sumber informasi yang penting bagi sivitas akademika yang ada di universitas, seperti dosen dan  mahasiswa.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi baik dokumen tertulis atau gambar yang dijadikan sebagai sumber data. Metode kualitatif dengan teknik penentuan sumber data dilakukan secara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti model penelitian interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) koleksi buku-buku ke-PPKN-an di perpustakaan pusat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa PPKN,  jumlah eksempler untuk buku-buku ke PPKN-an berjumlah 2.738 eksemplar , hal ini pihak pustakawan berusaha untuk memenuhi kebutuhan informasi dengan  melakukan prosedur yang ditetapkan, cacah ulang koleksi, penyiangan, dan pelestarian koleksi 5 tahun sekali untuk menyisihkan koleksi yang tidak pernah digunakan oleh pemustaka dalam 5 tahun terakhir dan digantikan dengan koleksi terbaru. (2) Pemanfaatan koleksi buku-buku ke-PPKn-an di perpustakaan pusat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Data pengunjung dan peminjaman mahasiswa PPKN tiap tahunnya rata-rata 967 kali kunjungan pertahun, dan rata-rata peminjaman koleksi buku pertahuannya adalah 561 kali peminjaman pertahun.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan dapat memberikan masukan untuk pengembangan perguruan tinggi dengan adanya kontribusi dari peprustakaan sebagai salah satu sumber informasi untuk kegiatan belajar dan pembelajaran. Diketahui bahwa koleksi ini merupakan sumber informasi bagi pemustaka serta fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan pusat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin mendukung untuk pemustaka mencari koleksi yang tersedia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI