DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik Lingkungan Lahan Basah Pada Sekolah Dasar Negeri Bunipah 2 Di Kecamatan Aluh-Aluh
PENGARANG:MUHAMMAD SULAIMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-01


ABSTRAK

 

 

Muhammad Sulaiman, NIM A1D115023, 2019, Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik Lingkungan Lahan Basah Pada Sekolah Dasar Negeri Bunipah 2 di Kecamatan Aluh-aluh. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Herita Warni, M.Pd (II) Dr. H. Syamsul Arifin, M.Pd.

 

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani peserta didik Lingkungan Lahan Basah Pada Sekolah Dasar Negeri Bunipah 2 di Kecamatan Aluh-aluh dengan rentang usia 10-12 tahun.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (mixed method) dengan teknik pengambilan data tes pengukuran, wawancara, dan obeservasi.

            Populasi dalam  penelitian ini adalah peserta didik Lingkungan Lahan Basah  Pada Sekolah Dasar Negeri Bunipah 2 di Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar  tahun  ajaran  2018/2019 yang berjumlah 87 orang peserta didik, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 orang  peserta didik dengan rentang usia 10-12 tahun, yang terdiri dari 13 orang putra dan 16 orang putri.

            Analisis data yang digunakan adalah dengan membandingkan frekuensi tingkat kesegaran jasmani dengan keseluruhan sampel.

            Hasil penelitian diperoleh tingkat kesegaran jasmani peserta didik pada kategori baik sekali (BS) berjumlah 0 orang dengan persentasi 0% ; pada kategori baik (B) berjumlah 1 orang dengan persentasi 3,44% ; pada kategori sedang (S) berjumlah 7 orang dengan persentasi 24,13% ; kategori kurang (K) berjumlah 18 orang dengan persentasi 62,06% pada kategori kurang sekali (KS) berjumlah 3 orang dengan persentasi 10,34%.

            Kesimpulan penelitian adalah tingkat kesegaran jasmani peserta didik Lingkungan Lahan Basah Pada Sekolah Dasar Negeri Bunipah 2 di Kecamatan Aluh-aluh dengan rentang usia 10-12 tahun berada pada kategori kurang.

 

Kata Kunci : Analisis, Tingkat, Kesegaran Jasmani, peserta didik sekolah dasar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI