DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS KETERAMPILAN MOZAIK UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DALAM MENULIS ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III/C DI SLB B/C PARAMITA GRAHA
PENGARANG:Muhammad Rahmadani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-02


Muhammad Rahmadani. A1F11030, 2018. Efektifitas Kegiatan Membuat Mozaik untuk Meningkatkan Motorik Halus dalam Menulis Anak Tunagrahita Ringan Kelas III/C di SLB B/C Paramita Graha. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan Prohram Studi S1 Pendidikan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. ULM Banjarmasin Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing I, Utomo, M. Pd, Pembimbing II, Jiyanta, M. Pd

Kata Kunci : Tunagrahita Ringan, Kegiatan Membuat Mozaik, Motorik Halus

Pengamatan terhadap siswa kelas III/C di SLB B/C Paramita Graha Banjarmasin menunjukkan bahwa ada satu anak tunagrahita ringan mengalami permasalahan motorik halus yaitu tangan anak kaku saat melakukan kegiatan menulis akibatnya tulisannya terlihat kurang rapi. Salah satu upaya agar anak tunagrahita ringan dapat meningkatkan motorik halus anak, maka penulis mencoba untuk memperkenalkan kegiatan membuat mozaik sebagai teknik yang bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak.

Berdasarkan permasalahan yang diteliti, maka peneliti memilih menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis metode penelitian pra eksperimen. Pola desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest yaitu penelitian dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding, subjeknya satu orang berinisial NH. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah tes kemampuan motorik yang berhubungan dengan motoric halus. Kemudian teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif.

Hasil analisis menunjukkan Tes Awal (Pre-test) rata-rata persentase sebesar 58,7% meningkat menjadi 79,49% pada Tes Akhir (Post-test).. Hasil dari data keseluruhan kemampuan anak membuktikan bahwa kegiatan mozaik efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dalam menulis pada anak tunagrahita ringan di SLB B/C Paramita Graha.  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI