DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, KONEKSI POLITIK DAN INTENSITAS ASET TETAP TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TEDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017)
PENGARANG:Ayu Prapitasari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-02


ABSTRAKSI

 

Ayu Prapitasari, (2018). Pengaruh Profitabilitas,Leverage, Ukuran Perusahaan, Koneksi Politik, dan Intensitas Aset Tetap Terhadap Penghindaran Pajak  (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2017). Pembimbing: Lili Safrida, SE, M.Si, Ak, CA

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis (1) pengaruh profitabilitas terhadap penghindaran pajak; (2) pengaruh leverage terhadap penghindaran pajak; (3) pengaruh ukuran perusahaanterhadap penghindaran pajak; (4) pengaruh koneksi politikterhadap penghindaran pajak; dan (5) pengaruh intensitas aset tetapterhadap penghindaran pajak.

Penelitian ini menggunakan perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2017. Perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak17 perusahaan pertambangan untuk 3 tahun pengamatan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif karena profitabilitas yang tinggi akan menghasilkan pajak yang tinggi. Namun di sisi lain, leverage, ukuran perusahaan, koneksi politik, dan intensitas aset tetap tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak karena perusahaan telah mempertimbangkan kemungkinan buruk yang akan terjadi jika melakukan penghindaran pajak.

Kata Kunci : Penghindaran Pajak, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Koneksi Politik, Intensitas Aset Tetap


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI