DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN RESILIENSI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:Krida Rukmana Mulpah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-02


ABSTRAK

Krida Rukmana Mulpah. 2019. Upaya Meningkatkan Resiliensi Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Ririanti Rachmayanie J, S.Psi, M.Pd (II) Akhmad Sugianto M. Pd

Kata Kunci : Resiliensi, Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving

Resiliensi (daya lentur, ketahanan) adalah kemampuan atau kapasitas insasi yang dimiliki seseorang, kelompok atau masyarakat yang memungkinkannya untuk menghadapi, mencegah meminimalkan dan bahkan menghilangkan dampak-dampak yang merugikan dari kondisi yang tidak menyenangkan menjadi suatu hal yang wajar untuk diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan resiliensi  melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru BK masih banyak siswa yang memiliki resiliensi yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dan dilaksanakan dalam IV siklus. Satu siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek peneliti ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah empat siswa. Obyek penelitian ini adalah peningkatan resiliensi melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving.

Hasil penelitian ini menunjukan, aktivitas peneliti, aktivitas siswa serta hasil dari pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan resiliensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari siklus I aktivitas peneliti termasuk kategori cukup baik kemudian mengalami peningkatan sampai kategori sangat baik pada siklus IV. Sedangkan terjadi peningkatan resiliensi dari siklus I termasuk kategori rendah kemudian terus meningkat sampai pada siklus IV dimana sudah mencapai kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan resiliensi dengan dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI