DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POLA DAN ETIKA KOMUNIKASI DALAM PROSES BIMBINGAN SKRIPSI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:Lukman
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-03


Lukman, 2018. Pola dan Etika Komunikasi dalam Proses Bimbingan Skripsi pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP ULM Banjarmasin. Skripsi program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Zainul Akhyar (II) Heru Pujiwinarso

Kata kunci: Pola komunikasi, etika, bimbingan, skripsi, all chanel.

Pola komunikasi dalam proses bimbingan skripsi  pada program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan cukup baik tetapi masih kurang, karena masih ditemukan gambaran komunikasi yang belum efektif pada saat proses bimbingan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola komunikasi dalam proses bimbingan skripsi. Disamping itu, juga untuk mengetahui gambaran etika komunikasi dalam proses bimbingan skripsi di program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP ULM.

Metode penelitian yang dipilih adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode kualitatif duimulai dari pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi.

Hasil penelitian menunjukan pola komunikasi dalam proses bimbingan skripsi cukup  baik dilihat dari bentuk komunikasi antarpribadi yang efektif yang terjadi antara mahasiswa dengan dosen pembimbing skripsi. Cara mahasiswa bekonsultasi dengan tatap muka langsung, selain itu dapat menggunakan media tulisan seperti naskah skripsi, dan pesan media sosial. Saat bimbingan berlangsung, komunikasinya terjadi dua arah, dosen juga memberikan motivasi-motivasi kepada mahasiswa agar mahasiswa semangat dan cepat selesai masa studinya, meskipun tidak semua dosen memberikan perhatian lebih kepada mahasiswa yang sudah lama tidak bimbingan. Etika komunikasi yang terjadi dalam proses bimbingan skripsi secara umum sudah baik, hal ini diperlihatkan oleh perilaku mahasiswa PPKN yang telah sesuai nilai ke etisan dan buku pedoman akademik Universitas Lambung Mangkurat, meskipun masih terlihat perilaku yang kurang sesuai seperti perilaku mahasiswa yang memaikan handphone pada saat dosen memberikan bimbingan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi dalam proses bimbingan skripsi adalah Pola Bebas (All Chanel), dimana dalam pola bebas komunikasinya terdapat keterbukaan, empati, sikap positif, dukungan, dan kesetaraan. Kelima aspek tersebut sangat cocok untuk mempersuasif, memberikan semangat, dan hal positif lainnya untuk diterakan dikampus termasuk dalam hal bimbingan skripsi. Etika komunikasinya pun sesuai dengan prinsip-prinsip keetisan komunikasi. Ketika berada di kampus mahasiswa berpakain sesuai standar akademik, berbicara dengan dosen menggunakan tutur kata yang sopan, ramah, dan menjadi pendengar yang baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI