DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK AUTIS MENGGUNAKAN MEDIA QUIET BOOK DI SDN GADANG 2 BANJARMASIN
PENGARANG:Maha
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-03


ABSTRAK

 

MAHA    A1F114024. (2019) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Autis Menggunakan Media Quiet Book di SDN Gadang 2 Banjarmasin. Skripsi. Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Agus Pratomo Andi W., M.Pd dan Pembimbing II: Sihadi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media Quiet Book, Motorik Halus, Anak Autis

 

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya anak autis yang mengalami hambatan dalam motorik halus. Anak belum mampu mengaitkan kancing dikarenakan anak belum dapat mengontrol gerakan dengan kekuatan yang diperlukan saat melakukan kegiatan mengaitkan kancing. Terlihat jelas saat melakukan kegiatan yang menggunakan tangan, jari-jari anak terlihat lemah dalam melakukan kegiatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus mengaitkan kancing pada anak autis di SDN Gadang 2 Banjarmasin.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu Single Subject Research (SSR). Pada penelitian ini menggunakan desain A-B-A, desain ini memiliki tiga tahap yaitu tahap baseline 1 (A1), intervensi (B), dan baseline 2 (A2). Tahap baseline 1 (A1) yaitu observasi kondisi awal kemampuan motorik halus anak mengaitkan kancing sebelum diberi perlakuan. Tahap intervensi (B) yaitu dimana anak diberi perlakuan menggunakan media quiet book.  Tahap baseline 2 (A2) yaitu kondisi kemampuan motorik halus anak setelah diberikan perlakuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media quiet book dapat meningkatkan kemampuan motorik halus mengaitkan kancing pada anak autis. Hal ini terbukti pada tahap baseline 1 memperoleh hasil 33,33%. Kemudian diberi perlakuan pada tahap intervensi menggunakan media quiet book memperoleh hasil 51,08%. Selanjutnya, tahap baseline 2 motorik halus anak memperoleh hasil 83,3%. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media quiet book dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak autis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI