DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN PENGARUH TINGGI STEMMING TERHADAP HEAVE PADA PELEDAKAN BIJIH EMAS DI PT INDO MURO KENCANA (IMK)
PENGARANG:ZIAT KURNIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-03


ABSTRAK

ZIAT KURNIAWAN:   KAJIAN PENGARUH TINGGI STEMMING TERHADAP HEAVE PADA PELEDAKAN BIJIH EMAS DI PT INDO MURO KENCANA (IMK), KECAMATAN TANAH SIANG SELATAN, KABUPATEN MURUNG RAYAPROVINSI KALIMANTAN TENGAH

 

PT IMK melakukan pemboran dan peledakan untuk memberai ore dan waste. Saat proses ledakan, terjadi pergerakan ore block berupa heave. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengontrol heave tersebut. Agar dapat mengontrol heave maka dilakukan monitoring dengan menggunakan blasting vector indicator (BVI).

Metode yang digunakan untuk menentukan tinggi stemming dengan pendekatan Scale Depth Of Burial (SDOB) dan analisa data dengan menggunakan pendekatan regresi linear.

Dari data survey diperoleh maksimal heave horizontal (Distance) sebesar 3.976 m dan heave vertical request level (RL) 2.847 m, dengan stemming ratio 47%. Sedangkan pada stemming ratio 64% diperoleh heave horizontal 0.392 m dan heave vertical 0.351 m. Berdasarkan analisa data diketahui bahwa, stemming ratio mempengaruhi heave vertical sebesar 87.78%, dan mempengaruhi heave horizontal sebesar 88.1%.

 

Kata Kunci: Stemming, Heave, Scale Depth Of Burial, Emas, Puruk Cahu

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI