DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBINAAN NILAI MORAL DAN POLA PENGASUHAN PADA ANAK DI YAYASAN AL-ITTIHAD BARABAI
PENGARANG:Siti Aisyah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-06


ABSTRAK

Siti Aisyah, 2018. Pembinaan Nilai Moral dan Pola Pengasuhan pada Anak di Yayasan Al-Ittihad Barabai. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Wahyu, Pembimbing (II) Fatimah.

 

Kata Kunci : Nilai Moral dan Pola Pengasuhan 

Yayasan Al-Ittihad Barabai tidak hanya sekedar penyantunan tetapi juga memberikan pendidikan kepada anak-anak agar memiliki kepribadian yang baik dan berakhlak mulia. Namun faktanya masih terdapat anak-anak yang melakukan pelanggaran seperti keluar malam tanpa izin, tidak ikut shalat berjama’ah dan ada sebagian anak tidak berakhlak mulia seperti bertengkar dengan temannya, menjawab ketika ditegur dan lain-lain.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi agar peneliti dapat melihat secara langsung pembinaan nilai moral dan pola pengasuhan pada anak, wawancara agar peneliti dapat mengetahui secara langsung dari informan dan dokumentasi agar memudahkan peneliti mengumpulkan data baik dokumen tertulis atau gambar yang dijadikan sumber data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan nilai moral pada anak sudah berjalan dengan baik. Namun masih ada anak yang berprilaku kurang baik seperti bertengkar, diam-diam keluar malam tanpa izin dan menjawab ketika ditegur. Pola pengasuhan di Yayasan ini dengan mengayomi, melayani, dan mengarahkan. Anak-anak dibimbing dengan bekal ilmu agama dan dilayani dengan kasihsayang. Namun masih ada anak yang melakukan pelanggaran. Penelitian ini menunjukkan masih kurangnya pengawasan dan ketegasan dari pembinaan dan pola pengasuhan sehingga tidak membuat anak jera untuk melakukan pelanggaran.

Berdasarkan hasil penelitian ini, orangtua asuh memberikan pengawasan kepada anak asuh agar tidak melakukan pelanggaran dan melakukan pembinaan nilai moral dan pola pengasuhan kepada anak guna memperbaiki sikap dan akhlak menjadi anak yang bermoral baik dan berakhlak mulia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI