DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-A MTS NEGERI BANJAR SELATAN 2 BANJARMASIN PADA MATERI POKOK TRANSFORMASI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
PENGARANG:DENDI SEFTIA HALIM
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-11-10


Matematika merupakan salah satu ilmu yang dapat menunjang keberhasilan pendidikan suatu bangsa. Pendidikan sebagai bagian integral kehidupan masyarakat di era global harus dapat memberi dan memfasilitasi bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan intelektual, sosial dan personal. Dalam pembelajaran matematika diperlukan suatu situasi yang menyenangkan sehingga siswa dapat aktif mengemukakan ide-ide cemerlang hasil pemikiran mereka. Sebagian besar orang hanya menggunakan otak kirinya dalam perolehan informasinya, salah satunya dalam proses belajar mengajar siswa dituntut untuk mempergunakan belahan otak kiri ketika menerima materi pelajaran, sedangkan otak kanan yang berhubungan dengan warna, gambar, imajinasi dan kreativitas belum digunakan secara optimal. Akibatnya proses berpikir kreatif siswa menjadi terhambat. Siswa tidak menghasilkan ide-ide kreatif dalam memecahkan masalah. Pada pembelajaran model Problem Based Instruction (PBI), kemampuan pemecahan masalah matematika sangat terlihat jelas pada manfaat pembelajaran berdasarkan masalah yaitu untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah dan keterampilan. Melalui model ini diharapkan siswa lebih aktif dalam menghubungkan pengetahuan yang dimilikinya dan dapat menerapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam memecahkan masalah matematika serta untuk mengetahui hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah dalam pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A MTs Negeri Banjar Selatan 2 Banjarmasin dengan jumlah 40 siswa. Pengumpulan data melalui dokumentasi, tes hasil belajar dan observasi. Dengan teknik analisis data menggunakan skor penilaian aktivitas siswa dalam memecahkan masalah matematika dan perhitungan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dakam memecahkan masalah matematika dalam mengikuti pembelajaran matematika menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) mengalami peningkatan dari kategori cukup baik menjadi baik. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatkan, terlihat dari meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa.


Kata Kunci : model Problem Based Instruction (PBI), aktivitas siswa dalam memecahkan masalah matematika, hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI