DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Modal, Jam Kerja, dan Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Pengusaha UMKM Berbasis Kuliner di Kecamatan Banjarmasin Timur
PENGARANG:Aditya Prawira
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-14


ABSTRAK

Aditya Prawira (2018) Pengaruh modal, jam kerja dan jumlah tenaga kerja terhadap pendapatan pengusaha umkm berbasis kuliner di lecamatan banjarmasin timur.

Pembimbing : Dra. Hj. Siti Mutmainah Z, MT

 

            Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik dari pengusaha umkm berbasis kuliner di kecamatan banjarmasin timur, untuk mengetahui apakah variabel modal, jam kerja, lama usaha, jumlah tenaga kerja dan teknologi secara bersama-sama berpengaruh terhadap pendapatan pengusaha umkm berbasis kuliner di Kecamatan Banjarmasin Timur.

            Responden dalam penelitian ini adalah pemilik usaha umkm berbasis kuliner yang berada di Kecamatan Banjarmasin timur, dengan jumlah 22 orang. Penarikan sampel diambil secara sensus dari unit populasi yang berjumlah menjadi 22 pemilik usaha umkm berbasis kuliner di Kecamatna Banjarmasin timur. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel modal, jam kerja, jumlah tenaga kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha umkm kuliner di Kecamatan Banjarmasin timur. Sedangkan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan yaitu variabel modal.

 

Kata Kunci      : Pendapatan, Modal, Jam kerja, Jumlah tenaga kerja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI