DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BRUSHING TEETH APPLICATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI PADA ANAK AUTIS KELAS III DI SDLB YPLB BANJARMASIN
PENGARANG:FATMA ROSITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-14


Fatma Rosita 2019.”Penggunaan Brushing Teeth Application untuk                Meningkatkan Kemampuan  Bina Diri  pada Anak Autis Kelas III di SDLB YPLB Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Khusus Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Dosen Pembimbing (I) Dr. H. Amka, M.Si, (2) Jiyanta, M.Pd.

 

Kata kunci : Brushing Teeth Application, Bina Diri, Anak Autis

            Penelitian penggunaan media Brushing Teeth Application untuk meningkatkan kemampuan bina diri anak autis kelas III di SDLB YPLB Banjarmasin disusun berdasarkan permasalahan yang ada di lapangan yaitu hambatan yang dimiliki anak autis terkait dengan belum mampu dalam hal bina diri pada  ruang lingkup merawat diri yaitu menggosok gigi, sehingga  rumusan masalah dalam penelitian ini adalah  apakah penggunaan media aplikasi Brushing Teeth dapat meningkatkan pemahaman bina diri anak autis di SDLB YPLB Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah aplikasi Brushing Teeth dapat meningkatkan kemampuan bina diri anak autis di SDLB YPLB Banjarmasin.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian time series design yang terdiri dari pretest (tes awal) atau pemberian tes sebelum diberikan perlakuan/intervensi. Pemberian intervensi yaitu pemberian perlakuan dengan menggunakan Brushing Teeth Application. Pemberian posttest (tes akhir) atau pemberian tes sesudah diberikan perlakuan/intervensi. Subjek dalam penelitian ini adalah DF seorang anak autis di kelas III SDLB YPLB Banjarmasin. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.

            Berdasarkan hasil penelitan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan Brushing Teeth Application dapat meningkatkan kemampuan bina diri anak autis di SDLB YPLB Banjarmasin. Hal ini ditunjukkan dari kemampuan bina diri anak autis setelah diberikan posttest lebih meningkat dari kemampuan bina diri anak autis sebelum diberikan pretest. Hasil analisis data kemampuan anak adalah O1=0, O2=18,18, O3=27,27, O4=36,36 dengan nilai rata-rata 22,5 mengalami peningkatan menjadi O5=63,3, O6=81,81, O7=90,90, O8=90,90 dengan nilai rata-rata 80,25. Sehingga dapat disimpulkan media Brushing Teeth Application dapat meningkatkan kemampuan bina diri anak autis di kelas III SDLB YPLB Banjarmasin.

 

            

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI