DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDEKATAN OPEN- ENDED YANG BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 26 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018
PENGARANG:Hujjah Hanifa
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-14


PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED YANG BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL TERHADAP HASIL BELAJAR  MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 26 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (oleh: Hujjah Hanifa; Pembimbing: Noor Fajriah, Kamaliyah; 2018;  halaman)

 

ABSTRAK

Salah satu karakteristik kurikulum 2013 dalam Permendikbud No.68 Tahun 2013 adalah mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerjasama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa siswa harus memiliki kemampuan intelektual yang baik atau kemampuan berpikir yang lebih tinggi. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa ke tingkat yang lebih tinggi ialah melalui diterapkannya pembelajaran dengan pendekatan open- ended yang berorientasi Higher Order Thinking Skill. Adapun tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa yang diterapkan pengajaran matematika menggunakan pendekatan open-ended yang berorientasi Higher Order Thinking Skill, (2) mengetahui hasil belajar siswa yang diterapkan pengajaran matematika menggunakan pendekatan induktif yang berorientasi Higher Order Thinking Skill, (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended yang berorientasi Higher Order Thinking Skill terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu eksperimen semu, dimana seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Banjarmasin sebagai populasinya. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, sehingga diambil dua kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Adapun untuk pengumpulan data menggunakan teknik berupa dokumentasi dan tes. Teknik analisisnya menngunakan statistika deskriptif maupun inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan open-ended yang berorientasi Higher Order Thinking Skill berada pada kualifikasi baik, (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan induktif yang berorientasi Higher Order Thinking skill berada pada kualifikasi baik, (3) Pendekatan open-ended yang berorientasi Higher Order Thinking Skill berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: pendekatan open-ended, Higher Order Thinking Skill, hasil belajar matematika.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI