DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI DESKRIPTIF KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA TUNARUNGU DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS
PENGARANG:TINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-15


TINAH. A1F115035.2019. Studi Deskriptif Kepercayaan Diri Mahasiswa Tunarungu dalam Mengikuti Proses Pembelajaran di Kelas. Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. Ali Rachman, M.Pd, dan Pembimbing II: Mirnawati, M.Pd

 

Kata Kunci: tunarungu, kepercayaan diri

 

            Permasalahan pada penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya setiap individu memiliki rasa percaya diri, tidak terkecuali bagi mahasiswa tunarungu yang ada di Program Studi Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan kepercayaan diri mahasiswa tunarungu dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas yang sesuai dengan pertanyaan penelitian.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini mengikutsertakan 5 mahasiswa tunarungu dengan karakteristik mahasiswa semester 4 angkatan 2017 di Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengunpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian bahwa kepercayaan diri mahasiswa tunarungu dalam mengikuti proses pemmbelajaran di kelas berdasarkan indikator keyakinan akan kemampuan diri dapat dikatakan baik, berdasarkan indikator optimis dan obyektif dapat dikatakan cukup, sedangkan berdasarkan indikator bertanggung jawab dan rasional dapat dikatakan baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI