DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-DISCLOSURE DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
PENGARANG:Arinanda Ayu Pr
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-05-16


ABSTRAK Arinanda Ayu Pratiwi, 2019. Efektivitas Teknik Sosiodrama dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Disclosure di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. H. Karyono Ibnu Ahmad. (II) Novitawati, S.Psi., M.Pd. Kata Kunci : Teknik Sosiodrama, Self-Disclosure Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik sosiodrama dalam membantu meningkatkan self-disclosure siswa di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi-eksperimen bentuk Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan SMA Negeri 12 Banjarmasin yang pada tanggal 30 Juli 2018. Pupulasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X dan sampel berjumlah 14 orang yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok beranggotakan 7 peserta didik. Instrument penelitian berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan self-disclosure peserta didik dengan menggunakan teknik sosiodrama yaitu siswa mampu terbuka untuk mengutarakan pendapatnya, bekerja sama dalam kelompok, mulai berani tampil, dan saling membantu satu sama lain. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan self-disclosure siswa kelas X di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Adanya penelitian ini diharapkan pihak sekolah dapat menerapkan teknik sosiodrama apabila ditemukan kasus siswa yang berkaitan dengan keterbukaan diri atau self-disclosure yang rendah sehingga mampu meningkatkan keterampilan sosial siswa tersebut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI